• Minggu, 24 September 2023

Keterangan Wali Kota Ternate di Ruang Sidang Dibantah Mantan Anak Buah, Sukarjan: Tauhid Sebenarnya Tahu

- Jumat, 17 Maret 2023 | 06:00 WIB
Wali Kota M Tauhid Soleman saat memberikan keterangan di persidangan Kasus Korupsi Haornas 2018 di Pengadilan Tipikor Ternate, Kamis, 16 Maret 2023
Wali Kota M Tauhid Soleman saat memberikan keterangan di persidangan Kasus Korupsi Haornas 2018 di Pengadilan Tipikor Ternate, Kamis, 16 Maret 2023

KLIKHALMAHERA.COM – Pengakuan Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman yang menyatakan tidak tahu terkait pencairan anggaran Haornas 2018, langsung menuai bantahan dari mantan Kadispora Sukarjan Hirto yang menjadi terdakwa dalam kasus dugaan korupsi dana Haornas 2018.

Dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor Ternate Kamis, 16 Maret 2023, mantan anak buah Tauhid ini menegaskan bahwa eks Sekkot Ternate itu tahu persis pencairan anggaran Haornas.

Didampingi kuasa hukumnta, Agus R Tampilang, Sukarjan mengatakan, dalam pertemuan pada tanggal 9 September 2018, dirinya telah menyampaikan kepada Tauhid yang kala itu sebagai ketua TAPD Kota Ternate terkait dengan kendala yang dihadapi sehingga mengganggu pencairan anggaran.

Baca Juga: Ada Yang Minat? Harita Nickel di Halmahera Selatan Mau Lepas Rp12 Miliar Saham, Ini Harga Per Lembar Sahamnya

Usai pertemuan itu, keesokan harinya, 10 September 2018, dia dipanggil Tauhid. Dan diminta untuk menyerahkan Surat Permintaan Pembayaran (SPP). Paska penyerahan SPP itulah, anggaran langsung dicairkan.

Bahkan, dia juga melaporkan ke Tauhid bahwa anggaran te;lah dicairkan. "Tauhid sebenarnya tahu karena pada tanggal 9 Maret 2018  itu saya sudah sampaikan kendalanya, dan tanggal 10 saya laporkan terkait pencairannya,” ucap Sukarjan.

Baca Juga: Siapkan Berkas! Pengadaan CPNS dan PPPK 2023 Dimulai 20 Maret

Diketahui dalam sidang kemarin, Tauhid yang dihadirkan sebagai saksi mengaku tidak mengetahui adanya pencairan anggaran Haornas. Bahkan dia juga tidak tahu menahu item-item kegiatan yang disusun Dispora yang kala itu dipimpin Sukarjan.

"Terkait dengan item-item kegiatan saya tidak tahu. Sebab ada perubahan anggaran yang dilakukan pada berikutnya dari Rp 1mmiliar menjadi Rp 2,8 miliar,” katanya Di hadapan majelis hakim yang diketuai Khadijah A. Rumalean, didampingi Budi Setiawan dan Muh Yakob Widodo sebagai hakim anggota,

Baca Juga: Diseret Mantan Pacar dalam Kasus Penganiayaan David, APA Polisikan Mario Dandy, Shane Lukas dan Agnes

Tauhid mengatakan, penentuan terjadinya tambahan anggaran itu berdasarkan penyusunan anggaran yang disampaikan Dispora dalam plafon anggaran Dispora. "Kemudian TAPD melakukan pembahasan di internal pemerintah," tuturnya.

Usai ditingkat internal, pembahasan kemudian dilanjutkan bersama DPRD Kota Ternate, sampai selesai.

Baca Juga: Anwar Usman Terpilih (Lagi) Ketua MK 2023 – 2028, Tugas Penting Bakal Hadapi Sengketa Pemilu 2024

Meski mengaku tahu besaran anggaran pada saat pembahasan, namun Tauhid memastikan tidak pernah tahu  pencairan anggarannya. Bahkan, selaku ketua TPAD< dia juga tidak pernah menandtaangani pencairan anggaran haornas.

Halaman:

Editor: Purwanto Ngatmo

Sumber: Soeparman Pawah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X